super study skills
SUPER STUDY SKILLS
Komitmen perguruan AL-Azhar BSD untuk meningkatkan kwalitas pembelajaran yang berbasis kelas, atau yang kita kenal Bassic Class Learning, telah diealisasikan dengan menggelar pelatihan Mind Maping bagi seluruh Guru dari mulai unit Tk s.d unit SMA pada tgl 8 – 9 Oktober 2011 pada hari Sabtu dan Minggu yang lalu, pelatihan itu diberi nama “Super Skill Studies” dengan Nara sumber tunggal Bp Erri Setiawan SE MSC M Hum ICT CH dari lembaga Indo Mind Maping, dalam kesempatan itu Hadir ketua Yayasan Muslim BSD Drs H.Uis Martawijaya, Deputi 1 YMBSD, Drs H Nor Hamid Deputi 2 Dra Hj Euis Hendrawati dan pengurus yayasan lainya.
Antusiasme guru-guru dalam mengikuti pelatihan tersebut luarbiasa. Hal ini dibuktikan dengan keseriusan untuk mengikuti sesi demi sesi mulai dari absen pagi jam 7 30 kemudian isi absen lagi tiap akan memulai sesi yang mana kegiatan diakhiri jam 16 30 bahkan ketua panitia Parnoyadi Spd menyatakan..” pelatihan ini diadakan untuk meningkat kwalitas bapak/ibu guru agar dapat meningkatkan kualitas kbm dikelas dan kegiatan ini serius bila ada guru yang tidak hadir maka akan mendapatkan teguran..” ini disampaikan betapa seriusnya dan penting pelatihan ini. Senada dengan itu Drs Nor Hamid sebagai Deputi 1 Yayasan Muslim BSD mengingatkan kepada bapak/ibu guru semuanya bahwa;” disikitar BSD sudah berdiri sekolah-sekolah bagus dengan fasilitas bagus dan memiliki sederet keunggulan kemudian mereka juga mengadakan pelatihan-pelatihan guru dengan serius guna mengunguli pesaing-pesaing lainya jangan sampai kita terlena yang menyebabkan kita kalah bersaing sehingga nanti kalo kita terlena kita bukan apa-apa lagi dan sekolah kita hanya tinggala nama besar seperti dino saurus yang kini tinggal kenangan. ,” NAUUDZU BILLAHI MINDZALIQ Jangan sampai hal itu terjadi berikut kami tampilkan jadwal pelatihan hal ini penting untuk menjaga keakuratan data.
| HARI I | |
| Waktu | Aktifitas |
| 08.00 - 08.15 | Pembukaan + Ice Breaking |
| 08.15 - 09.00 | Sesi I : Background & Human Brain |
| 09.00 - 10.15 | Sesi II : Hypno Teaching |
| 10.15 - 10.30 | Coffee Break |
| 10.30 - 11.00 | Glass Walking |
| 11.00 - 12.00 | Sesi III : Speed Reading |
| 12.00 - 13.00 | ISHOMA |
| 13.00 - 15.00 | Sesi IV : Indomind Mapping I |
| 15.00 - 15.30 | ISHOMA |
| 15.30 - 16.30 | Sesi V : Super Memory |
| 16.30 - | Penutup |
| | |
| HARI II | |
| Waktu | Aktifitas |
| 08.00 - 08.15 | Ice Breaking |
| 08.15 - 10.15 | Sesi VI : IMM Aplication (modul) |
| 10.15 - 10.30 | Coffee Break |
| 10.30 - 12.00 | Sesi VII : IMM Aplication (Sylabus) |
| 12.00 - 13.00 | ISHOMA |
| 13.00 - 15.00 | Sesi VIII : IMM Aplication (Teaching) |
| 15.00 - 15.30 | ISHOMA |
| 15.30 - 16.30 | Sesi IX : Role Play |
| 16.30 - | Penutup |
Pergururuan Al-Azhar Bsd merasa bangga dan sangat bersyukur kepada Allah yang telah mendaptakan guru-guru yang sangat Loyal, memang guru-guru dilingkungan perguruan Al-azhar Bsd dikenal dengan kegigihnaya tanpa kenal lelah untuk terus menerus berbenah diri memperbaiki segala kekuranganya dan mempertahankan segala kebaikan yang dimilikinya, keloyalan ini dibuktikan dengan seringnya ada kegiatan yang menyita waktu libur/sehingga waktu yang tersedia untuk keluarga tersita mereka tidak mempermasalhkanya, mereka ikhlas demi terwujudnya pendidikan yang bermutu serta demi memenuhi harapan siswa.orangtua. yayasan dan juga Negara.
Dalam pelaksanaan pelatihan kadang sangat serius, kadang haru karena ada kisah-kisah yang menyentuh qalbu, kadang disertai dengan gelak tawa dengan ulah beberapa guru yang spontan memberi pertanyaan sambil melucu, seperti bapak Hasanudin, bapak Nanda bapak Pulung dan bapak-bapak lainya, bahkan ketika presentasi mempraktekan mind mapingnya mereka saling berkelakar satu sama lainya sehingga kegiatan teersebut walaupun lama tersasa sebentar, maklum saja para guru jarang bertemu dengan rekan sesama guru dari unit yang lain sehingga ketika ada kegiatan seperti ini menjadi pengikat silaturahmi antar unit. Berikut adalah kesan-kesan dari peserta pelatihan super study skils.
1. Ibu Ayu dari guru olahraga SD; “ Hmmm Kegiatanya menarik, menyenangkan tapi jangan keseringan merem ok sih kalo untuk olah raga mungkin tidak semua bisa diterapkan..karena perlu eksecise kalo ada pelatihan lagi saya seneng......”
2. Ibu Nurul Amriyah guru Geography SMP: Saya sangat senang sekali dengan kegiatan itu
Penyampainnya tidak membosankan dan juga menambah Variasi methode mengajar saya .mudah-mudahan kegiatan seperti ini diadakan lagi ya......”
3. Bp Rizall guru Agama SMP; “Methode ini sebetulnya sudah ada sejak dulu, memang bermanfaat untuk anak-anak Tpa dan saya mempraktekannya ternyata mereka ingat lebih lama dan sukar sekali lupa....”
4. Bp Anton Ashari Guru Kesenian SMA/Wakasek kesiswaanSMA; Acara ini bagus Cuma kurang tepat kalo untuk pelajaran seni, karena seni itu 80 0/0 praktek
Dan guru-guru yang mendapatkan anugrah pembuat Mind Maping terbaik adalah
1. Sherly Avianty Spd dari unit SMP
2. Isma Nurhidayati Spd unit SD
3. Khusnul Khotimah Spd unit TK
4. Riska Ayu Kartini Spd unit TK
Dalam kegiatan ini Guru-guru diajak merefleksikan apa yang sudah diberikanya selama ini,kepada dunia pendidikan,wabil khusus untuk anak muridnya, juga diajak untuk mengevaluasi diri serta Introspeksi diri dalam melaksankan tugas-tugas mulianya sebagai pendidik. Hal itu diperlukan guna mempertajam ketulusanya dan keiklasanya dalam melayani siswa, Maklum sebagaimana sudah diketahui khalayak guru itu memiliki beberapa dimensi dalam kehidupanya satu sisi dia dituntut harus sempurna, harus pintar, harus bisa menangani seluruh permasalahan yang berkaitan dengan siswa,harus berhati lembut seperti malaikat namun disisi lain Ia juga manusia biasa yang punya cita-cita untuk hidup layak tidak dikejar-kejar dengan kebutuhan hidup dan permasalahan hidup lainya. Sekarang tinggal bagimana menyelaraskan itu semua agar timbul ketulusan dan keilasan disatu sisi tapi guru juga punya penghasilan yang layak dan berkeadilan serta jenjang karir yang jelas sesuai dengan kemampuan yang terukur dengan valid dan Transparan.. Budaya seperti itulah yang harus dikembangkan di Al-Azhar BSD. Disamping itu juga mereka dilatih untuk membuat Mind Maping sampai bisa dan dipraktekan. diawali menemukan kata kunci (Key World )di buku yang sedang dipelajari atau masalah yang sedang dibahas dan melatih mengingat kata-kata penting agar tidak mudah lupa atau yang popular dengan Istilah (Super Memory). Dilanjutkan dengan keterampilan Scan Reading/speed Reading atau membaca cepat. Namun focus sehingga membaca menjadi efektif, lalu guru-guru juga diajari mempraktikan Hypno learning dan Hypno teaching.ini semua di pelajari untuk meningkatkan kwalitas KBM didalam kelas,karena bila dikelas sudah berkwalitas pasti secara keseluruhan Proses KBM akan berkwalitas
contoh Mind Maping
Untuk kedepan Perguruan Al-Azhar BSD(YMBSD) akan lebih Intensive memberikan Pelatihan, seminar dan study Banding untuk Guru, Penekananya adalah guru, karena gurulah yang bersentuhan langsung dengan Murid, guru yang berkwalitas akan melahirkan murid yang berkwalitas dan guru yang berkwalitas bukan lahir dari sekolah yang berkwalitas tapi dari hati yang berkwalitas. Guru memang perlu memiliki Perencanaan pengajaran yang baik, kurikulum,yang baik, Proses Pengajaran yang baik, Evaluasi Pengajaran yang baik tapi yang lebih penting dari semua itu guru harus memiliki hati yang baik dan adil menyayangi muridnya secara merata tanpa memikirkan mau mendapatkan hadiah apa dan anak siapa. Dan dari ketulusan hati sang Guru akan melahirkan keteladanan bagi anak didik hingga mereka memiliki Motivasi yang tinggi untuk berprestasi Pada Akhirnya maka keberhasilan yang lengkap yang akan kita capai bersama Amiiin
Good Learning is;
– Just not a good Program.
– Just not a good Method.
– Just not a good School
– Just not a good facilitation
– but more important is GOOD HEART
Reported by Yamin Bunyamin
Comments
Post a Comment